Breaking News
Loading...

Cara Perawatan Aki Mobil


Aki sangat berguna bagi mobil sebagai penyedia arus listrik pada saat mesin mobil akan dinyalakan. Selain itu aki juga berfungsi untuk menyediakan suplai listrik bagi beberapa komponen kelistrikan yang ada di dalam mobil, seperti radio dan lampu.Pada mobil dengan teknologi yang lebih maju, peran aki bahkan cukup esensial, sebagai penyedia listrik bagi mobil. Dengan kata lain kalau aki mati maka mobil sama sekali tidak bisa dipakai. Oleh karenanya keberadaan dalam kondisi bagus aki bisa dikatakan cukup vital bagi mobil.

 Berikut beberapa cara perawatan aki mobil agar tetap terjaga:

Kondisi terminal aki tidak dalam keadaan kendor atau berkarat. Kondisi tersebut bisa mengganggu sambungan listrik yang diperlukan untuk mobil, dan bisa mengakibatkan ledakan karena percikan api pada bagian yang tersambung dengan aki.

Memeriksa air aki secara rutin minimal satu bulan sekali. Jika air aki sudah berkurang di bawah batas namun masih dipakai itu bisa merusak aki. Sedangkan aki yang diisi terlalu penuh juga bisa menyebabkan kerusakan pada mesin saat air akinya meluap.

Untuk aki yang sudah dipakai disarankan lebih baik diisi dengan air aki murni. Accu Zuur disarankan hanya digunakan untuk aki yang belum pernah dipakai sebelumnya.

Mematikan seluruh komponen listrik di saat mesin mobil mati. Hal ini dilakukan agar muatan listrik aki tidak berkurang dan pada saat dibutuhkan untuk menyalakan mobil aki mampu mmenuhi kebutuhan besaran untuk sistem starter.




0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer